Search

Type your search keyword, and press enter

Suatu Pesan

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja dan pekerjaan untuk keabadian.
By : Pramoedya Ananta Toer.

Jumat, 27 Februari 2015

Blogger Training Kombun

Brosur Blogger Training Kombun
Sumber : Twitter
Hallo kawula muda... apa kabarnya nih...? semoga sehat semua ya... Dan semoga kamu-kamu tidak bosan ya dengan salam gue, yg tiap postingan selalu sama.

Ok... sedikit menginfokan gue adalah Maba -Mahasiswa bangkotan- UNJ dengan statusnya kini sebagai pengangguran intelektual, belakangan ini sedang sibuk-sibuknya mencari event gratisan. Dari sekian banyak event gratisan gue memilih dengan penuh pertimbangan sampe harus puasa, shalat tahajud, berpikir dgn bijak, dan akhirnya event gratisan yg gue ikuti adalah Blogger Training Kombun.

Blogger Training Kombun itu apa sih..? Dan apa aja yang dibahas dari event tersebut..?
Mudahnya sih Blogger Training itu adalah kegiatan tentang pelatihan blog gitu.. dan yang dibahas dalam kegiatan ini masih seputar dasar" blog. Walaupun masih tentang dasar-dasar blog seperti membuat widget, tips supaya bisa konsisten ngepos tulisan, perkenalan SEO, tapi ini udah cukup buat gue. Cukup bikin gue puyeng. Bukan berarti gue gag bisa & gag ngerti, hanya saja saat itu space otak gue lagi dibatasin aja. Kalo gag gitu nanti gue langsung jago.

Sebelumnya gue skip dulu nih.. dengan cerita dikit gue buat menghadiri kegiatan Kombun ini. Seperti yang sudah dikabarkan kalo kegiatan Blogger Training ini akan diadakan pada salah satu gedung UNJ di lantai 9 di jam 13:00, awalnya sih lantai 8. Eh... tapi kata pembicaanya Mas Rozan Hilmy tempatnya dipindahkan ke gedung G. Kesel dong gue, gimana gag kesel coba. Tapat sebelum jam 13:00 gue udah di lantai 9 tersebut. Tapi tiba" pindah.. dia gag tau apa, gue ke lantai 9 ini gag naik lift. Tapi naik tangga darurat. Jelas wong buat naik liftnya tu lamaaaaa... bgt nunggunya. Nunggu supaya tu lift tiba di lantai 1 aja lamanya udah kata nungguin musim gajah kawin. Belum lagi buat rebutan masuk ke dalam lift dengan pengguna lift lainnya. Akhirnya karena gue takut terlambat gue lari naik tangga dari lantai 1 ke lantai 9. Pas udah nyampe di lantai 9, acaranya pindah ke gedung lain. Kan kampret... rasanya pengen gue tabok Mas Rozan Hilmy pake jamban tapi sayang bapaknya ganteng, gag jadi dah... Akhirnya sebagai cowo gentleman gue maafin dah..

Sumber google.com
Lanjut lagi ya.. jadi yang dibahas dalam Blogger Training ini adalah tips supaya bisa ngepost tulisan di blog secara konsisten dan kreatif. Pembahasan ini disampai kan oleh Mas Rozan Hilmy. Berikut ini inti yang dibahas tips membuat konten..
  1. Orisinil, artinya kita sendiri lah yang membuat konten tersebut, serta tidak mengcopy-paste dari blog milik orang lain. Ada baiknya jika ingin mengikuti isi postingan dari blog lain, sebaiknya kita baca dulu postingan orang lain, kemudian dituliskan kembali dengan bahasa kita sendiri ini bisa disebut copy writer, copy writer lebih baik dari copy paste. 
  2. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Dengan begitu pembaca tidak perlu memutar otak untuk membacanya dan pembaca juga akan betah berlama-lama berada blog kita.
  3. Tampil dengan gaya beda, atau keunikan yang ada pada blog. Seorang blogger akan mudah dikenali jika ia mempunyai kekhasannya tersendiri. Misal, tampilan laman blog yg nayaman dilihat mata, dan postingan dengan bahasa yang renyah dan menarik.
  4. Memiliki tujuan dalam membuat blog, seperti bisa untuk memberikan informasi atau hiburan kepada pembaca, atau untuk promosi diri. Dengan memiliki tujuan akan lebih memicu tingkat kreativitasnya untuk terus berbagi dengan para pembacanya.
  5. Sesuaikan dengan target pembacanya. Misal, target pembaca kita ialah akademisi, dengan begitu konten blog yang kita buat haruslah berkaitan dengan keperluan/informasi yang bersifat akademik.
  6. Buatlah judul yang menarik, pembaca akan terlebih dahulu merasa tertarik dengan judul-judul postingan yang unik.
  7. 1 hari = 1 tulisan postingan blog, ini cukup direkomendasikan. Karena dengan hal ini google akan mengindex blog mu sebagai blog yang aktif. Dan nantinya blog mu akan punya nama di mata google.
  8. Lakukan blog walking karena dapat memperluas jaringan pertemanan blogger. Sehingga blog kita semakin eksis
  9. Cari waktu terbaik untuk menulis, carilah waktu yang tepat untuk menuangkan ide-ide tulisan mu ke dalam blogmu. Dengan begitu, tulisan yang kita buat akan dapat menjadi maksimal.
  10. Cantumkan kredit blogmu pada gambar yang kamu sisipkan di postingan. Atau jika gambarnya dari blog lain, cantumkan juga sumber alamat gambar tersebut.
Selanjutnya pembahasan kedua adalah dari pembicara Mas Elang Yudantoro. Doi ini adalah alumni UNJ dan ia juga sudah cukup berpengalaman dalam blog, khususnya pembuatan blog marketing. Blog yang dijadikan sebagai ladang nyari duit gitu.. Untuk bisa berjualan di Blog tentu blog mu harus sudah terkenal dan berapa pada halaman 1 google. Hal ini dilakukan dengan teknik SEO. Maka pembahasan selanjutnya yang disampaikan Mas Elang Yudantoro adalah perkenalan tentang SEO (Search Engine Optimization).
SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman satu di mesin pencarian seperti Google. Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget. Kata kunci tersebut harus bisa mewakili hal-hal yang ada pada blog kita. Kata kunci bisa lebih dari ini.

Elang Yudantoro
Sumber : google.com
Makanya langkah awal untuk SEO ini kita harus punya icon/brand dari blog kita. Brand tersebutlah yang akan kita promosikan dan dijadikan juga sebagai kata kunci. Kemudia brand tersebut kita optimalkan agar merujuk ke blog kita. Jadi ketika seseorang memasukan kata kunci suatu brand pada mesin google maka blog kita akan tampil di top atas halaman 1 google. Dan usakan blog kita harus di direct ke domain berbayar, tentu keuntungannya bisa meningkatkan jumlah pengunjug blog kita. Kenapa? Sudah tentu, ketika seseorang mencari atau memasukkan kata kunci pencarian ke google, orang tersebut akan memilih alamat blog dengan domain berbayar. Karena kita sudah dianggap serius dan terlihat profesional dalam menjalanka blog kita. 

Sebenarnya cukup banyak tadi yang disampaikan oleh kedua pembicara tersebut, tapi itu yang gue ingat. Sisanya gue cuma mangguk" aj, sebenarnya saat itu banyak pertanyaan di otak. Tapi mulut gue lagi gag sinkron ama otak jadi bingung sendiri gue mau mulai tanya dari mana.. Lebih menarik lagi Trainning blog yang kaya gini harus lebih banyak praktiknya.. 

Ok akhir kata semoga tulisan singkat ini bisa dipahami oleh kamu-kamu sekalian. Ditunggu komennya Terimakasih

4 komentar:

  1. mantap tulisannya.,
    sory yee, kalo udah buat naik ke lantai 9 pake tangga.,
    Kemaren juga ane sampe bolak balik 2 kali naik turun tangga ke lantai 9..
    tapi pas hari H, yang punya gedung malah bilang tempatnya di pake.,

    tapi tetep semangat kan ya..,

    Insha Allah kedepannya bakal lebih seru lagi..

    Thanks ya udah buat resume,
    gue udah ke duluan aja nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...
      iya smoga acaranya lebih rame lagi yg dtng

      Hapus
  2. Ini resume materinya kereeeen parah Darma!
    ih Darma kereeen iiihhh!
    terus menebar kebermanfaatan dan inspirasi yaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah... aku dibilang keren.. jadi malu...

      Hapus