Search

Type your search keyword, and press enter

Suatu Pesan

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja dan pekerjaan untuk keabadian.
By : Pramoedya Ananta Toer.

Jumat, 20 Februari 2015

Pelayanan Khusus UNJ

               No comments   
Accessibility For All
Sumber : Twitter
Hallo kawula muda.... Kalian tahu apa itu pelayanan khusus. Mudahnya sih yang dimaksud dengan pelayanan khusus adalah suatu pelayanan yang diberikan secara khusus untuk orang-orang khusus sehingga ada kemudahan yang diterima oleh penerima layanan. Seperti slogan pada logo di samping Accessibility For All, sepertinya kalian sudah bisa menangkap makna logo dan slogannya.

Gue mengartikan logo tersebut sebagai sebuah pesan yang harus di indahkan. Pesan pada logo tersebut mengisyaratkan bahwa kemudahan akan suatu pelayanan harus berlaku untuk semua orang, semua orang berhak mendapatkan pelayanan yang memudahkan, termasuk para difabel. Gambar orang dengan kursi roda tersebut biasanya identik dengan arti para difabel / para disabilitas, jadi yang dimaksud dengan aksesibilitas disini kemudahan akan suatu layanan juga harus mendukung temen" disabilitas.


Kini logo-logo serupa sudah cukup banyak kita temui di layanan masyarakat, seperti di dalam Transjakarta, dan Kereta api. Tidak kalah juga bahkan UNJ -Universitas Negeri Jakarta- sedikit demi sedikit mulai mencanangkan Accessibility For All ini. Ini wajar karena memang sudah selayaknya kita memperhatikan sesama meksipun teman disamping kita mengalami disabilitas pada dirinya. Dan mungkin juga UNJ ingin menjadikan dirinya sebagai kampus yang insklusif, karena kini dalam dunia pendidikan sedang hangat-hangatnya pendidikan inklusif, dan sekolah penyelenggara inklusif.

Khusus untuk warga UNJ, kalian tahu bahwa Accessibility For All juga ada di UNJ. Contohnya tombol lift di gedung Sergur dan gedung IDB, tombol liftnya sudah disediakan dalam bentuk braille, sehingga temen-temen disabilitas netra bisa cukup terbantu dengan ini. Dan juga di bagian depan gedung ada bidang mirring, yang bisa digunakan oleh temen-temen pengguna kursi roda untuk berjalan ditempat yang benar. Selain itu pelayanan khususnya juga ada di perpustakaan pusat UNJ, kala itu terakhir gue maen ke UPT Perpus pusat UNJ gue nemuin ini nih...

Peta Timbum Perpustakaan UNJ
Sumber : UPT Perpus Pusat UNJ

Peta Timbum Perpustakaan UNJ tampak atas
Sumber : UPT Perpus Pusat UNJ
Ternyata itu bukan podium biasa, tapi podium yang dimodifikasi untuk dijadikan peta timbul gedung UPT Perpus Pusat UNJ. Jadi itu adalah peta timbul yang menggambarkan gedung perpustakaan UNJ.
Selain itu juga gw menemukan sesuatu di mading perpusnya...
Pengumuman Disabilitas Corner
Sumber : Mading UPT Perpus Pusat UNJ
Karena penasaran gue coba untuk berkunjung ke lantai 4 perpus. Nama tempat tersebut adalah disabilitas corner UNJ. Namun sayang saat berkunjung kesana tempatnya sedang tutup. Di dalam ruangannya ada beberapa komputer lengkap dengan printer dan scanner. Ini tampak seperti sebuah lab.komputer untuk mahasiswa berkebutuhan khusus. Cukup terkesima gue, ternyata UNJ memiliki tempat seperti ini. Dan benar saja jika gue berasumsi UNJ kedepannya akan menjadi Kampus Insklusif yang peduli dengan kaum disabilitas. 

Semoga dengan adanya Disabilitas Corner ini berharap temen" mahasiswa disabilitas yang ada di UNJ bisa terbantu dalam perkuliahannya. Dan semoga juga dengan tulisan gue ini, keberadaan Disabilitas Corner UNJ dapat menyebar ke temen" mahasiswa disabilitas UNJ, dan memanfaatkan fasilitas ini dengan baik. Untuk temen" mahasiswa yang pada umumnya semoga bisa mengabarkan info ini kepada teman kalian yang disabilitas.

Standing Banner Pelayanan Khusus UNJ
Sumber : UPT Perpus Lantai 4

Ada lagi nih sebuah plat braille. Sepertinya ini adalah sebuah plat atau papan petunjuk sebuah tempat. Dibeberapa tempat umum UNJ sudah ada nih yang beginian..
Plat Braille
Sumber : UPT Perpus Lantai 4


Tulisan ini dipersembahkan dalam rangka Penulisan Artikel Dwi Mingguan Komunitas Blogger UNJ.

0 komentar:

Poskan Komentar