Search

Type your search keyword, and press enter

Suatu Pesan

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja dan pekerjaan untuk keabadian.
By : Pramoedya Ananta Toer.

Kamis, 19 Maret 2015

Kopdarnya Guru Ngeblog

               2 comments   
Kopdar KSGN
Sumber : Twitter, komunitas sejuta guru ngeblog
 "Kalau mau membuat bangsa cerdas, cerdaskan gurunya (Prof. Yohanes Surya) Onno W. Purbo"
Hari minggu lalu 15 Maret 2015 gue bertandang ke acara kopdar guru-guru yang suka ngeblog. Mereka semua bergabung didalam sebuah komunitas, namannya KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog). Acara kopdar ini sebenarnya untuk memperingati 1 tahunnya KSGN. Kopdarnya sungguh luar biasa sekali keren. Gimana tidak keren, pematerinya adalah guru-guru hebat yang mampu memanfaatkan teknologi untuk dijadikan media pembelajaran. Mereka memanfaatkan teknologi untuk  pembelajaran berbasis e-learning. Guru-guru luas biasa ini mencoba memotivasi dan memberikan inspirasi kepada teman-teman guru lainnya untuk ikut menulis diblog dan memanfaatkannya untuk pembelajaran e-learning atau pun menulis berita yang positif tentang kelas dan pembelajarannya.

Selain pemateri dari guru-guru hebat, ada juga pemateri dari orang hebat lainnya, seperti Pak Imam Suwandi seorang jurnalis dari metroTv yang menggagaskan ide tentang #SelfieJournalism. Ada juga nih pakar IT bapak Onno W. Purbo, seorang penggagas OpenBTS. Mereka berdua ini menularkan virus-virus ilmunya. Virus untuk mencerdaskan gurunya dan bangsa ini.

Lalu detailnya ada apa saja di kopdar KSGN ini. Ok. berikutnya gue mau mengulas sedikit apa-apa yang ada di kopdar KSGN. Dimulai dari pemateri guru-guru hebat. Pada sesi pertama ada 3 guru hebat yang sangat memotivasi dan meninspirasi. Mereka adalah Bapak Dedi Dwitagama, Ibu Amiroh Adnan, dan Bapak Muhammad Subakri. Ada banyak pesan dari mereka bertiga tentang manfaat menulis, khususnya menulis diblog.

Dari Bapak Dedi Dwitagama ada ilmu tentang manfaat dari blog, yaitu dengan rajinnya menulis khususnya diblog kita bisa menjadi :
  • Jadi penulis yang lebih baik
  • Jadi pembelajar
  • Jadi terkenal
  • Jadi profesional beneran
  • Be a champion
  • Makin banyak relasi
  • Meningkatkan memori
  • Makin kreatif
  • Bersinergi dan fokus
  • Makin hebat pake IT
  • Kabarkan kebaikan
  • Makes money
Hampir mirip dengan ilmu diatas, Dari ibu Amiroh ada ilmu lainnya lagi nih dengan beberapa tambahan. Menurut ibu Amiroh manfaat nulis di blog itu adalah :
  • Memanfaatkan blog sebagai e-learning
  • Sebagai parrent, student, and teacher resources
Dari bapak Muhammad Subakri ada sebuah motivasi yang cukup hebat. Meskipun beliau mengajar di sebuah desa yang terpencil, beliau mampu untuk menulis sebuah kisah dan prestasi-prestasi luar biasa di tempat ia mengajar. Bapak Muhammad Subakri menuliskan semua itu dalam sebuah blognya dan beliau mencetuskan gerakan ayo mendidik.

Nah sesi pertama sudah tiga pembicara hebat yang membagikan ilmunya. Selanjutnya ada dua orang lagi yaitu pak Imam Suwandi dan pak Onno W. Purbo. Di sesi kedua ini yang dibahas adalah #SelfieJournalism oleh pak Imam Suwandi seorang jurnalis metroTv, dan juga membahas tujuan mengajar versi pak Onno W. Purbo.

Pasti pada penasaran dengan #SelfieJournalism kan. Lalu apa itu #SelfieJournalism.? Supaya tau itu apa, nonton video ini aja dulu dah. Nanti definisikan sendiri ya..


Bagaimana menarik dan kreatif bukan..? konsepnya sederhana dengan memanfaatkan teknologi yang sederhana berupa smartphone dan tongsis untuk dapat melaporkan live report yang terjadi disekitar. Sehingga jika ada kejadian yang tidak terduga, maka dengan kemudahan ini ketika tidak ada kameramen, wartawan bisa dengan cepat melaporkan berita secara real-time.

Lalu materi dari pak Onno W. Purbo, ia memberikan pertanyaan balik kepada perserta. Apa tujuan keberhasilan kalian menjadi menjadi guru.? Dari pendapat dan jawaban guru-guru yang ada di sana pak Onno menilai jawabannya bagus tapi masih sebatas kualitas dalam lingkup ruang kelas. Sama seperti guru-guru yang hadir di sana, pak Onno juga ingin mencerdaskan bangsa ini, namun tidak hanya sebatas ruang kelas saja. Pak Onno ingin mencerdaskan bangsa ini dengan jumlah yang lebih banyak, jadi tidak hanya kualitas tapi kuantitas perlu diperhatikan. Atas dasar itu pak Onno mengapresiasikan kepada guru-guru dan lainnya yang mampu memanfaatkan teknologi khususnya internet untuk bisa berbagi ilmu tanpa batas.
 ********
Kira-kira itu materi yang sudah disampaikan pada kopdarnya KSGN, keren bukan.. Untuk kalian-kalian yang para guru atau calon guru, boleh nih gabung komunitas ini. Siapa tahu nanti bisa jadi guru hebat yang melek IT.

Selain cerita gue, ada lagi nih kisah serunya temen satu komunitas yang ikut kopdar ini. Klik aja link di bawah ini. Ceritanya seru..
Asli bener, modal 14 ribu dapet HaPe 700 ribu
Meluncur di Serunya Kopdar Guru Blogger Nasional 2015

Yang mau kenal tetang KSGN, dan para pembicara di atas bisa klik link di bawah ini.

KSGN
Dedi Dwitagama
Amiroh Adnan
Muhammad Subakri
Imam Suwandi
Onno W. Purbo

2 komentar:

  1. makin semangat nih buat ngeblog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah.... terus semangat...
      ngeblog kini bukan sekedar hobi, tapi harus udah jadi gaya hidup. ttsahh...

      Hapus