Search

Type your search keyword, and press enter

Suatu Pesan

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja dan pekerjaan untuk keabadian.
By : Pramoedya Ananta Toer.

Jumat, 19 Juni 2015

Ramadhan Itu Rajanya Bulan

Alhamdulillah tahun ini gue masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk bisa menikmati bulan Ramadhan. Ternyata Tuhan masih sayang sama gue. Banyak orang yang bilang Ramadhan itu bulan keberkahan. Memang benar. Karena dalam bulan Ramadhan ada rahmat dan ampunan-Nya. Coba kalian bayangkan setiap malam di bulan Ramadhan itu ada keberkahan dan nilai palaha tersendiri. Yang gue tahu, pada 10 malam pertama bulan Ramadhan adalah malam rahmat-Nya, 10 malam kedua adalah malam ampunan-Nya, dan 10 malam terakhir adalah malam pembebabasan hamba-Nya dari api Neraka. Subhanallah. Maha Suci Tuhan. Ramadhan itu memang bulan penuh berkah.

Ramadhan itu bulannya berbagi dan kebersamaan. Menjelang bulan Ramadhan pasti banyak yang mulai mengadakan acara buka bersama -bukber. Dalam seminggu mungkin bisa lebih dari sekali undangan bukber. Bekber antar kelas, bukber angkatan, dan bukber komunitas. Bukber juga tidak hanya dilakukan dengan orang-orang yang kita kenal. Bukber dengan orang yang belum dikenal juga seru loh. Beberapa tahun lalu di bulan Ramadhan, khususnya waktu menjelang magrib, gue mendadak menjadi para pencari takjil ke masjid-masjid besar.

Waktu itu gue kalau ngabuburit pasti nyari-nyari masjid besar. Mencari takjil dan bukber bersama masyarakat masjid sekitar. Dan tanpa sadar malah suka bertemu dengan teman SMK. Berasa reunian dengan teman-teman lama. Tapi terkadang mencari takjil di masjid tidak semuanya kebagian. Akhirnya harus rela berbagi dengan mereka yang belum kebagian takjil. Tentu ini ladang amal yang luar biasa. Memberi makan kepada orang yang berpuasa Ramadhan saat waktu berbuka tiba, maka kita akan mendapatkan juga pahala orang yang berpuasa itu. Inilah Ramadahan bulannya keikhlasan dan bulannya persaudaraan antar umat muslim.

Ramadhan itu bulannya ibadah. Di bulan Ramadhan amalan ibadah yang sunah palahanya serupa ibadah wajib, dan amalan wajib pahalanya serupa 70x amalan wajib. Ibadah yang identik di bulan Ramadhan adalah puasa dan shalat tarawih. Selain 2 ibadah tersebut, membaca Al-Quran juga sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadhan adalah bulan di turunkannya Al-Quran seperti yang sudah di jelasakan pada firman Tuhan: Al-Quran surat Al-Baqarah ayah 185. Karena bulan ini adalah bulan diturunkannya Al-Quran sudah sebaiknya gue harus memperbaiki diri gue supaya bisa banyak-banyak membaca Al-Quran. Setidaknya gue harus bisa khatam Al-Quran di bulan Ramadhan ini. Sebab itu menandakan bahwa gue senang akan datangnya bulan Ramadhan dan turunnya Al-Quran di bulan suci ini. Dan Al-Quran itu diturunkan untuk dibaca. Seperti pada ayat pertama surat Al-Alaq. Iqra.

Iya. Gue pasti bisa untuk khatamkan Al-Quran di bulan suci ini. Ramadhan. Karena ini bulan suci sudah seharusnya gue banyak-banyak membaca kitab suci. Kira-kira apa kalian mau ikutan untuk khatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan tahun ini? Sudahkan membaca Al-Quran? Yuk ditunggu jawabanya di kolom komentar!

Terakhir, selamat berpuasa Ramadhan untuk kalian yang menjalankannya.

See you~

 
Ini ada hiburan dari Abang Tompi :) 

16 komentar:

  1. awalnya sih niat pengen baca al-qur'an tapi gak tau kenapa rasa malas itu selalu datang menghampiri, seakan-akan jangan untuk membaca ayat suci al-qur'an tersebut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum di kerjakan itu bukan niat. Baru wacana doang itu. hehehhe

      Hapus
  2. dengan membaca alqur'an akan mendapat pahala :)
    saya suka membaca alqur'an sesudah sholat tarawih sama ibu-ibu, jadi khusu bacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Ramadhan itu bulannya ngalap berkah. :)

      Hapus
  3. Mencari Takjil di mesjid, gue banget hahaha

    Semoga lancar dan khatam, selamat berpuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Semangat berpuasa juga.

      Hapus
  4. semoga khataman nya lancar mas

    BalasHapus
  5. Subhanallah. Kapan2 ajak ane dar, nyari takjil :p haha

    BalasHapus
  6. Hahaha, ini pencitraan bukan? :p

    Selamat berpuasa juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah lu, Yog. Ini tulus kok dari hati. :(

      Hapus
  7. Bukan, Yog, ini tulus keknya....

    selamat menjalankan puasa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bang. Setulus gue yg selalu baca blog lu, bang.
      Yoga iri doang kali, ya.

      Hapus
  8. ciyeee yang masa lalunya pencari buka gratis, takjil hunter ciyee..
    pingin juga nih ngikutin jejaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jejak apa,nih? mau ikutan jadi PPT (para pencari takjil). wkwkwkwk

      Hapus