Search

Type your search keyword, and press enter

Suatu Pesan

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja dan pekerjaan untuk keabadian.
By : Pramoedya Ananta Toer.

Kamis, 16 Juni 2016

Dengan Youtube

Youtube youtube youtube lebih dari tv! Boom! Tapi, di youtube nggak ada jadwal magrib dan imsak. Boom! #gantilirik 

Ini bukan ganti lirik lagi. Ngerusak lirik iya. Ngomong-ngomong soal #gantilirik, jadi ingat, itu # pernah jadi TT -iya tete, kalian bener  kok bacanya- di twitter. Semua itu karena keseruan selebtwit yang ngajak pengguna twitter untuk main tete di waktu sahur Ramadan.

Maaf, maksudnya main # di waktu sahur.

Cukup  menghibur menemani waktu sahur sambil main #, yang tadinya ngantuk dan berat untuk makan bisa bikin ketawa ngikik dan males sahur maunya main # aja sampai kenyang. Apalagi yang sahurnya nggak ada tivi di rumah. Pentengin TL twitter seru juga. 

Balik lagi ke youtube. Sebelumnya kita bahas dulu arti youtube secara bahasa. Youtube itu terdiri dari kata you dan tube, you itu kamu, tube itu aku. Jadi yutube itu kamu dan aku yang menjadi kita. Iya garing. Nggak usah dijelasin, ya. Toh kalian pasti sudah tau apa itu youtube. Gini deh gampangnya, you itu kamu,  tube itu tabung. Simpulkan sendiri, ya, artinya apa. 

Dua Minggu lalu, lupa juga tepatnya kapan, cowo tomboy satu ini masih belum tau apa itu kalimat 'Youtube lebih dari TV'. Tapi, pernah tak asing dengan deretan kata-kata itu. Apalagi, waktu di Cinema XXI bareng Nyokap saat mau nonton AADC2, kalimat 'youtube lebih dari tv' itu sempat tertangkap di thriller film Modus. Namun, sayang belum nonton film Modus. Btw, film  Modus bagus, nggak? Kalau bagus nanti mau nyari di Youtube. Siapa tau ada. Cz, film Relationshit-nya Alit sudah ada full filmnya di youtube. 

Awalnya ngira kalau yang boom boom itu lagi ramai bahas film Modus. Tapi, saat main ke twitter ternyata bukan tentang film Modus yang sedang jadi buah bibir. Melainkan lagu GGS (ganteng ganteng swag) dalam film Modus. Bentar deh. ini tulisan saya nggak jelas banget, ya. Sebenarnya mau bahas kebiasaan saya menggunakan youtube sebagai apa. Tapi, malah cerita ke mana mana. Sebelumnya mau komen dikit ah tentang lagu 'youtube lebih dari tv'. Menurut saya lagunya oke, enak juga untuk di dengar. Iya walaupun liriknya kurang guna sama sekali. Tapi, Kenapa ada yang nyinyirin lagu itu, ya? 

Lanjut deh ke bahasan yang biasa saya dilakukan saat browsing ke youtube. 

Satu. Tempat nyari dan download lagu 
Ini kelakuan yang sering saya lakukan. Biasanya kalau ada lagu yang enak dari radio atau rekomendasi dari seseorang, saya suka download lagunya dari youtube. Video clip-nya diconvert menjadi mp3 melalui website atau dengan bantuan add-ons di Mozilla. Mungkin awalnya kelihatan ribet dan makan kuota harus buka youtube dulu. Tapi, menurut saya ini lebih efektif dan efisien apalagi downloadnya yang official. Berasa ori deh padahal ini termasuk ilegal juga. Selain itu, saya memilih download lagu lewat youtube karena kadang kalau searching lewat google masuknya ke website yang banyak iklannya. Alhasil suka terkecoh dengan link download atau berhasil download tapi, lagunya jadi versi remix dangdut koplo. 

Dua. Tempat nonton siaran ulang tv
Iya nonton tv lokal yang siaran ulang bisa lewat youtube. Memang tidak semua saluran tv akan mengunggah acara tvnya ke youtube tapi, pasti suka ada orang yang mengunggah acara tv ke youtube. Kecuali channel Net, dia memang memanfaatkan youtube sebagai salah satu media penyimpanan untuk mengabadikan program program salurannya. Salah satu program Net yang suka saya tonton ulang  kalau lagi ada kuota bonus adalah The Comment dan To Night Show. Program talkshow yang menghibur untuk saya apalagi bintang tamunya cakep-cakep. Makin betah deh nontonnya. 

Tiga. Tempat nyari film  
Youtube juga biasanya saya gunakan untuk nyari film film Indonesia yang lawas, film layar lebar yang lawas pun suka saya tonton dan download dari sini. Ada lagi film yang lagi trend  sekarang. Film keseharian berupa Vlog. Hmm. vlog itu termasuk film juga, nggak sih? Iya pokoknya saya juga suka nonton Vlog gitu deh. Apalagi chanelnya Arief Tipang. Seru lihatnya. Tapi, lama lama kaya gimana gitu. Kaya kepikiran masih pacaran aja sudah pamer pamer apa tau.
Etdah ini mah emang saya-nya aja kali ya yang sirik lihatnya. Tapi, mereka kece sih, tetap suka lihatnya. 
Di youtube nggak cuma untuk nyari film, buat nyari dan nonton video clip kesukaan juga saya lihat lewat youtube. Kalau dulu sering cari cari clip dari lagu dan band kesukaan. Terus didownload dan disetel di rumah sambil niru niru gaya nyanyi lagu itu. Mulai dari yang pura pura scream sampai pegangin sapu buat dijadikan mic atau gitar. Dan akhir-akhir ini, saya lagi suka lihat creator musik EDM karya Kaskobi. Arasemen lagu EDM-nya hacep tenan. 

Empat. Tempat pembelajaran
Bagian ini saya lakukan waktu praktik ngajar di slb tunanetra. Saya menggunakan youtube sebagai media audio penyampaian materi. Suka kasih kasih tugas untuk menyimak apa yang ada di dalam berita yang ditayangkan pada youtube dan minta siswanya untuk menyampaikan kembali isi beritanya.

Jadi kesimpulannya, setuju deh saya kalau youtube itu lebih dari tv.

23 komentar:

  1. Yaps betul sekali youtube is greater than TV.
    Itu sebabnya aku buat akun youtube,
    karna menjadi pencipta lebih asik dari pada penikmat.

    ini loh youtube aku, https://www.youtube.com/user/leon07061993 *promosi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget sama Khairul Leon (y)

      Hapus
    2. Wah dia malah promosi.
      Btw semangat berkarya.

      Hapus
  2. yutub-yutub lebih dari tipi BOOM!!
    Ada setuju ada enggaknya si, setujunya, yoi sekarang isi yutub lebih bervariasai apa aja mau cari pasti insyaAllah ada. kalo yutub paling suka dengerin lagu atau nggak nonton video-video DIY gitchu.
    Nggak setujunya hhhmm,di yutub suka gak kesaring gitu yang ditayangin. ntar judulnya apa yang tayang siapa. ciyee tayaaaaang~

    ah auk ah begitu deh pokoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih. Ada konten negatifnya juga.
      Namanya juga internet.
      Lah ngapa baper. Alay nih. Sayang jadi tayang.

      Hapus
  3. Yutub yutub yutub lebih dari DVD. Hahaha, kayaknya kalo DVD standarnya masih lemah. Iya, TV sangat kalah jauh. Cuma menang di azan magrib doang.

    Sayangnya Youtube makan banyak kuota. Suka nangis kalo kalap nonton. Tau-tau zero quota Bolt. :(

    Tetep lah, Young Lex lagi sering gue tonton. Hahaha. Biar swekkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kalau lagi kalaf nonton yutub tau tau suka habis quota. Dan habis quota itu serem.

      Yoi Roby Sweg

      Hapus
  4. itu lagunya udah bulan lalu bukannya ya?
    ya emang kenyataanya gitu sih. banyak hal yg bisa diambil dari yutub. ini udah kayak ceramah aja ya ga sih? hal yg positif bisa diambil, begitu juga dengan yang negatif. pinter'' deh, tuh.
    gue juga suka download lagu dari youube juga sih. tinggal ditambah 'Audio official' biasanya sih. hahaha. setuju, kalo nyari di gugel, bnyak bnget adsnya. kampret.
    tapi, gue belom pernah tuh, yg buat nyimpen materi. seumur-umur blom pernah ngupload video d yutub sih. heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang lagu bulan lalu.
      Kudet aja ini orangnya. Baru tau akhir akhir ini.

      Lah samaan suka download lagu dari youtube juga. Hahahahaha.

      Silakan Ji ceramah di kolom komentar blog ini. Hahahha

      Hapus
  5. Aku nganga baca ini, Dar. Satu, karena kamu suka main tete. Ya, trending topic maksudny. Dua, kamu sekarang pake kata ganti "Saya." WHAAAAAAAAAAAAT HAPPENED?

    Eh tapi nggak papa sih, karena saya saya lebih dari gue BOOM! Lebih dewasa. Kan kamu udah umur 23 tahun. Yuhuuuu~

    Ternyata Youtube banyak manfaatnya ya buat kamu, Dar. Yang terakhir bermanfaat banget. Kalau aku paling sering ngeliatin kolom komentar di MV barat. Semakin aneh atau kontroversial MV-nya, semakin lucu komennya. Hahaha. Jadi hiburan tersendiri deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nganganya jangan lama lama. Nanti masuk oksigen kebanyakan jadi kembung angin dan batal puasa.

      Dewasa?
      Ini lagi pencitraan aja.

      Lah itu kocak. Buka youtube bukannya lihat filmnya malah baca komentarnya?
      Rajin banget.
      Mv kontroversial itu yang ada adegan plus plus gitu kah?

      Hapus
  6. Wanjir keren...

    Tapi DVD lebih 'berasa' sih dibanding TV/Youtube. Goceng bisa dapat 8 film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah iya. Kalau buat maraton film enak dvd. Bisa dapat banyak film dengan biaya terjangkau.

      Itu murah amat goceng isinya delapan.
      Di sini paling murah ceban untuk dvd

      Hapus
  7. Ini blog lo dar? Udah lama nggak ke sini, jadi keren euy sekarang. Tapi kok itu fotonya cewek2 gitu deh... ._.

    Enaknya Youtube itu bisa milih sendiri mau nonton yang mana. Kecuali kaloo di rumahnya pake tv kabel sih. Huehehe. \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Apanya yang keren. Keren templatenya doang.
      Lebih keren punya lu. Template dan kontennya keren.

      Iya belakangan ini gue pos blog dan edit blog pakai hp. Jadi belum semua ke edit dan masih ada gambaar cewe itu. Edit di hp ra iso. Bikin hang hpnya.

      Selama ada unlimited internet, youtube pilihan. Hahahaha

      Hapus
    2. Iya templatenya kece kak!

      Wuih serius pake hape? Gokil sih... awalnya sempet bingung aja gue ini beneran blog lo atau cewek. Atau lo udah jadi.... Ahh.. gajadi deh.

      Hapus
    3. Darma udah jadi cewe bang.

      Hapus
  8. Youtube lebih dari TV karena bisa milih video apa yang mau ditonton, sisanya sama aja kayak TV.

    Boros kuota lagi :(

    BalasHapus
  9. Kamu tabung Lebih dari tv, setuju saya.di tv sekarang banyak acara-acara kampretnya, kalau di youtube, nemu video kampret bisa kita next buat nyari video lain yang bagus. Tapi bener kata renggo, boros kuota :3

    BalasHapus
  10. Aku bukan anak yutub. Bkan yutubers. Jarang buka yutub. Terlalu hemat kuota. Jd aku gatau ini kadarma lg ngebahas lagu paan dah bam boom bam boom drtd :'D

    Yutub lebih dari tv. Iyalaahh, iya bangeett malaahh~
    Aku jg suka pake buat donlot lagu diconvert ke mp3 :D Kalo mo enak sklian aja pidionya didonlot.
    Hmm, iya, cuma net yg suka ngaplod program2 tvnya. Tp udh bnyak jg sih tv yg suka ngaplod program yg udh lama gak ditayangin di tv

    BalasHapus
  11. Bener bgtt, mending nonton yutub drpda tv. kalo tv suka ga jelas tontonan nya, tpi klo saluran berbayar biasanya banyak juga si edukasi nya hehehe.

    Bantu view dan jempol nya ya. Thankss https://youtu.be/kIRmXleH_FU

    BalasHapus
  12. Yutub lebih dari tipi, itu nggak ngaruh sih bagi gue karena gue kurang suka nonton tipi, hahaha

    BalasHapus