Sabtu, 24 Agustus 2013

Mengembalikan File yang Terhidden Oleh Virus dengan Command Prompt

Assalamu'alaikum... Hello bro... kali ini saya mau berbagi sedikit trik yang selalu saya gunakan pada kasus flashdisk yang file dan dokumennya terhidden akibat ulah virus. Pasti pernah kalian alami file atau dokumen yang ada di flashdisk mendadak hilang tanpa jejak atau berubah menjadi sebuah shourcut". Nah..  Solusinya cukup mudah untuk mengembalikan file dan dokumen yang hilang tersebut. Kita bisa gunakan fasilitas yang ada di windows secara defaultnya, yaitu dengan menggunakan command prompt pada windows.

Ok... Tak perlu berlama-lama. Untuk mengatasasinya ikuti langkah-langkah berikut...

  1. Pastikan file atau dokumen yang hilang tersebut hanya terhidden oleh virus. Caranya buka command prompt. Tekan tombol logo windows + R pada keyboard, lalu ketik cmd pada kotak dialog run yang muncul. Maka akan muncul command promptnya.
  2. Ketik lokasi pada command prompt dimana flashdisk anda berada. perhatikan gambar berikut.

    Pada windows explore flashdisk saya berada pada lokasi G:\ , lalu pada layar hitam command prompt ketik G: lalu enter. (besar dan kecilnya huruf g tidak terlalu berpengaruh). Maka command prompt sudah berpindah lokasi ke flashdisk saya.

  3. Selanjutnya pada layar command prompt ketik perintah dir /as /ah lalu tekan enter. Perintah tersebut berguna untuk mengetahui apakah ada file atau dokumen yang tersembunyi. Apabila tidak ada hasil setelah perintah dir /as /ah maka kemungkinan file atau dokumen yang hilang tersebut telah dihapus oleh virus, dan tidak di sembunyikan oleh virus.

  4. Setelah ditemukan bahwa ada beberapa file atau dokumen kita yang tersembunyi. Nah untuk mengembalikannya ketik perintah attrib *.* -s -r -h /s /d  lalu tekan enter pada layar hitam command prompt. Perintah tersebut memiliki arti, hanya saja saya sedikit lupa. heheheh....
     
  5. Ok... selamat mencoba dan semoga berhasil... 
Note :
Setelah berhasil, file dan dokumen yang berbentuk shoutcut boleh dihapus. Karena apabila kita membuka file atau dokumen shoutcut tersebut maka saat itu juga virus yang ada di flashdisk kita akan aktif dan menyerang komputer.

Apabila tidak ada hasil setelah perintah dir /as /ah maka kemungkinan file atau dokumen yang hilang tersebut telah dihapus oleh virus, dan tidak di sembunyikan oleh virus.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts