Minggu, 08 Februari 2015

Resensi Film Peekay (PK)

Sutradara : Rajkumar Hirani
Penulis : Hirani dan Abhijat Joshi
Pemain : Aamir Khan, Anushka Sharma, Sushant Singh, Rajput, Boman Irani, Saurabh Shukla, Sanjay Dutt
Genre : Drama, Komedi
Rilis : 19 Desember 2014

Hallo kawula muda... lama tak bersua, apa kabarnya nih kawula muda..? semoga baik" semua toh..
Ok kali ini daku mau kasih resensi film berjudul Peekay sebuah film dari negri bombai sana, ya India. Film Bollywood yang berdurasi sekitar 2 jam ini disinyalir sebagai film terlaris Internasional di tahun 2014. Peekay terbilang sukses karena penonton secara tak sadar akan terbuka pikirannya sebab ulah nakalnya Peekay yang menyentil tentang agama, khususnya agama-agama yang ada di India.

Filrkisah tentang makm Peekay ini behluk humanoid atau alien yang pergi berkunjung ke planet Bumi. Secara fisik ia tidak berbeda dengan manusia di Bumi, hanya saja ia tidak mengenakan apa-apa hanya ada kalung di lehernya dan hanya bisa berkomunikasi secara telepati. Setibanya di Bumi, kalungnya yang digunakan sebagai remote memanggil pesawat telah curi oleh manusia. 

Akhirnya ia melakukan perjalanan di Bumi untuk mencari kalungnya. Di Bumi ia banyak belajar tentang cara beradaptasi dan berkominukasi dengan manusia. Suatu saat ia menumukan "mobil bergoyang" tempat orang melakukan hubungan sex di dalam mobil. Dari mobil itu ia mendapatkan pakaian dan uang, dalam beberapa waktu ia belajar cara memantaskan diri dan beradaptasi dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan lingkungan manusia, dan ia juga belajar cara menggunakan uang. Namun saat itu ia belum bisa berbahasa dan berkomunikasi oleh manusia.

Suatu hari ini bertemu dengan saudagar kaya yang menjadi saudaranya. Ia diajak oleh saudagar tersebut ketempat konstitusi, namun apa yang dilakukannya di sana, ia hanya memegang tangan PSK selama 6 jam untuk menyerap ilmu pengetahuan dan bahasa yang ada pada diri PSK. Hal hasil ia bisa berbicara dan kembali bertemu dengan saudagar tersebut. Ia menjelaskan tujuannya dan apa yang dicari di bumi kepada saudagar tersebut. Ia menjelaskan bahwa kalungnya telah dicuri, dan saudagar itu menyarankan untuk mencarinya di Dehli.

Akhirnya ia mencari kalungnya di Dehli, setibanya disana dia bertemu dengan Jaggu seorang wanita jurnalis disebuah stasion televisi. Jaggu tertarik dengan Peekay, kenapa tingkahnya begitu aneh, Peekay mencari Tuhan melalui selebaran brosur, karena tingkah anehnya orang-orang menyebutnya Peekay yang artinya mabuk dalam bahasa India. Ternyata dalam perncarian kalungnya Peekay selalu bertanya dimana kalungnya kepada manusia sekitar. Namun manusia tidak ada yang tahu, dan kebanyakan mereka menyarankan kenapa tidak kau tanyakan kepada Tuhan. Banyak sekali ia mendengar kata Tuhan setiap ia bertanya kepada manusia. Ia pun memutuskan, untuk mencari Tuhan dan bertanya kepada Tuhan dimana kalungnya. Dalam pencarian Tuhan, Peekay sudah begitu banyak melakukan ritual-ritual keagamaan. Pada klimaksnya ia mulai beropini tentang agama dan mulai berdiskusi dengan salah seorang pemuka agama di India. Nah bagaimanakah Peekay dalam mencari kalungnya dan mencari Tuhan ?. Dan bagaimana diskusi Peekay dengan tokoh agama ?

Seperti film 3 Idiots, Aamir Khan menjadi orang yang bertingkah konyol dengan rawut wajah yang kosong. Dalam film ini banyak aksi-aksi yang menyentil bidang keagamaan yang akan mengejarkan kita untuk bertoleransi. Kita beragama bukan untuk mengklaim agama yang paling benar, tapi beragama untuk menjadikan kita orang benar. Untuk lebih menikmati filmnya silahkan kawula muda tonton sendiri dan nikmati sensasinya, ini hanya alur singkat yang bisa DaKu berikan.  So... jangan sampai gag nonton ya.. Masukan film ini sebagai daftar film yang kawula mudah tonton. Ok.. sekian dari DaKu, Terimakasih.

Beberapa gambar dalam film Peekay :








2 komentar:

  1. film yang benar benar menampar kita semua yang sedang kisruh memperdebatkan agama.
    mantap nih resensi filmnya !!

    BalasHapus
  2. bagus juga nih alur cerita nya,,

    BalasHapus

Popular Posts