Search

Type your search keyword, and press enter

Suatu Pesan

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja dan pekerjaan untuk keabadian.
By : Pramoedya Ananta Toer.

Minggu, 08 Februari 2015

Resensi Film Peekay (PK)

          ,      No comments   
Cover Film PK
Sumber : google.com

Sutradara : Rajkumar Hirani
Penulis : Hirani dan Abhijat Joshi
Pemain : Aamir Khan, Anushka Sharma, Sushant Singh, Rajput, Boman Irani, Saurabh Shukla, Sanjay Dutt
Genre : Drama, Komedi
Rilis : 19 Desember 2014
Hallo kawula muda... lama tak bersua, apa kabarnya nih kawula muda..? semoga baik" semua toh..
Ok kali ini daku mau kasih resensi film berjudul Peekay sebuah film dari negri bombai sana, ya India. Film Bollywood yang berdurasi sekitar 2 jam ini disinyalir sebagai film terlaris Internasional di tahun 2014. Peekay terbilang sukses karena penonton secara tak sadar akan terbuka pikirannya sebab ulah nakalnya Peekay yang menyentil tentang agama, khususnya agama-agama yang ada di India.

Film Peekay ini kisah tentang makhluk humanoid atau alien yang pergi berkunjung ke planet Bumi. Secara fisik ia tidak berbeda dengan manusia di Bumi, hanya saja ia tidak mengenakan apa-apa hanya ada kalung di lehernya dan hanya bisa berkomunikasi secara telepati. Setibanya di Bumi, kalungnya yang digunakan sebagai remote memanggil pesawat telah curi oleh manusia. 
Saat Peekay pertama kali memakai baju
Gambar 1. Saat Peekay pertama kali memakai baju
Akhirnya ia melakukan perjalanan di Bumi untuk mencari kalungnya. Di Bumi ia banyak belajar tentang cara beradaptasi dan berkominukasi dengan manusia. Suatu saat ia menumukan "mobil bergoyang" tempat orang melakukan hubungan sex di dalam mobil. Dari mobil itu ia mendapatkan pakaian dan uang, dalam beberapa waktu ia belajar cara memantaskan diri dan beradaptasi dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan lingkungan manusia, dan ia juga belajar cara menggunakan uang. Namun saat itu ia belum bisa berbahasa dan berkomunikasi oleh manusia.

Suatu hari ini bertemu dengan saudagar kaya yang menjadi saudaranya. Ia diajak oleh saudagar tersebut ketempat konstitusi, namun apa yang dilakukannya di sana, ia hanya memegang tangan PSK selama 6 jam untuk menyerap ilmu pengetahuan dan bahasa yang ada pada diri PSK. Hal hasil ia bisa berbicara dan kembali bertemu dengan saudagar tersebut. Ia menjelaskan tujuannya dan apa yang dicari di bumi kepada saudagar tersebut. Ia menjelaskan bahwa kalungnya telah dicuri, dan saudagar itu menyarankan untuk mencarinya di Dehli.

Akhirnya ia mencari kalungnya di Dehli, setibanya disana dia bertemu dengan Jaggu seorang wanita jurnalis disebuah stasion televisi. Jaggu tertarik dengan Peekay, kenapa tingkahnya begitu aneh, Peekay mencari Tuhan melalui selebaran brosur, karena tingkah anehnya orang-orang menyebutnya Peekay yang artinya mabuk dalam bahasa India. Ternyata dalam perncarian kalungnya Peekay selalu bertanya dimana kalungnya kepada manusia sekitar. Namun manusia tidak ada yang tahu, dan kebanyakan mereka menyarankan kenapa tidak kau tanyakan kepada Tuhan. Banyak sekali ia mendengar kata Tuhan setiap ia bertanya kepada manusia. Ia pun memutuskan, untuk mencari Tuhan dan bertanya kepada Tuhan dimana kalungnya. Dalam pencarian Tuhan, Peekay sudah begitu banyak melakukan ritual-ritual keagamaan. Pada klimaksnya ia mulai beropini tentang agama dan mulai berdiskusi dengan salah seorang pemuka agama di India. Nah bagaimanakah Peekay dalam mencari kalungnya dan mencari Tuhan ?. Dan bagaimana diskusi Peekay dengan tokoh agama ?

Seperti film 3 Idiots, Aamir Khan menjadi orang yang bertingkah konyol dengan rawut wajah yang kosong. Dalam film ini banyak aksi-aksi yang menyentil bidang keagamaan yang akan mengejarkan kita untuk bertoleransi. Kita beragama bukan untuk mengklaim agama yang paling benar, tapi beragama untuk menjadikan kita orang benar. Untuk lebih menikmati filmnya silahkan kawula muda tonton sendiri dan nikmati sensasinya, ini hanya alur singkat yang bisa DaKu berikan.  So... jangan sampai gag nonton ya.. Masukan film ini sebagai daftar film yang kawula mudah tonton. Ok.. sekian dari DaKu, Terimakasih.

Tulisan ini dipersembahkan dalam rangka Penulisan Artikel Dwi Mingguan Komunitas Blogger UNJ.

Beberapa gambar dalam film Peekay :
 Peekay sebarkan brosur mencari Tuhan yang hilang
Gambar 2. Peekay sebarkan brosur mencari Tuhan yang hilang

Peekay lelah dalam mencari Tuhan
Gambar 3. Peekay lelah dalam mencari Tuhan

Kejadian saat Peekay mencuri dari kotak amal
Gambar 4. Kejadian saat Peekay mencuri dari kotak amal


Ulah nakal Peekay dalam perjalanan
Gambar 5. Ulah nakal Peekay dalam perjalanan

Peekay berdoa meminta kalung
Gambar 6. Peekay berdoa meminta kalung

Gambar 7. Peekay berdoa meminta makanan
Gambar 7. Peekay berdoa meminta makanan

Peekay dikejar-kejar jamaah muslim India
Gambar 8. Peekay dikejar-kejar jamaah muslim India

Peekay beristirahat di pelataran masjid kota India
Gamabar 9. Peekay beristirahat di pelataran masjid kota India

0 komentar:

Poskan Komentar