Senin, 13 Oktober 2014

Berorganisasi Mendidikmu Menjadi Pribadi Berkarakter

Sumber: Google
Assalamu’alaikum, Hallo..... kawula muda... apa kabarnya...?. semoga pada sehat ya. Kali ini gw mau membahas tentang manis, asinnya kegiatan dalam berorganisasi. Sebenarnya gw bukan seorang aktivis dan bahkan tidak ada satu organisasi pun yang gw ikuti secara resmi. Aktivis, adalah sebuah kata yang disandangkan kepada mereka yang mengikuti serta berperan aktif dalam kegiatan berorganisasi. Saat ini gw  sedang duduk di bangku perkuliahan, dan itu benar sekali bahwa gw tidak mengikuti organisasi di kampus baik itu opmawa dan ormawa di luar kampus pun tidak. Hahahahahahah... *KetawaBanggaYangMenyedihkan. 

Nah kawula muda tahu tidak, bahwa dalam lingkungan kampus jika kalian mengikuti dan aktif dalam berorganisasi dapat melejitkan popularitas kalian. Dan bahkan di beberapa tempat kongko-kongko kampus,  kalian yang aktif berorganisasi dapat membuat kalian menjadi tambah ganteng 180 derajat. Kerenkan.... dengan mengikuti dan aktif berorganisasi kalian bisa jadi ganteng dan populer. Beuh... mantap... Dan tentunya bagi kawula mudah yang perempuan, kalian juga bisa menjadi cantik dengan berorganisasi.

Kok bisa begitu.... Sebelumnya kita bahas sedikit arti, tujuan, dan manfaat dari berorganisasi. Organisasi adalah sebuah wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, dan mewujudkan tujuan bersama dengan bekerja sama secara rasional, sistematis, dan terkendali dengan memanfaatkan sumber daya (material & non-material) yang digunakan secara efektif, efisien untuk mencapai tujuan tersebut [1].

Bagaimana kawula muda, sudah tergambar belum dari definisi di atas, betapa kerennya berorganisasi. Dari definisi di atas terdapat kata kunci dalam sebuah organisasi, yaitu bekerja sama untuk mewujudkan atau mencapai tujuan bersama. Jadi nampak jelas bahwa berorganisasi memiliki tujuan untuk mendidik menjadi pribadi yang mampu bekerja sama, menumbuhkan rasa bertanggung jawab, berkomitmen, dan memotivasi diri untuk mewujudkan mimpi-mimpi kalian kawula muda. Tentu jika kalian pandai dalam membaca dan menanamkan nilai-nilai positif serta membuang nilai negatif dari setiap pengalaman pada sepak terjang kawula muda dalam berorganisasi, maka karakter-karakter yang tersirat dari tujuan berorganisasi akan tumbuh dalam pribadi kawula muda.

Sumber: Google
Dalam berorganisasi selain memiliki nilai tujuan yang besar, juga memiliki manfaat yang amat besar juga. Antara lain adalah : 1.Melatih leadership; 2.Memperluas pergaulan; 3.Meningkatkan wawasan dan pengetahuan; 4.Membentuk karakteristik seseorang; 5.Kuat dalam menghadapi tekanan; 6.Mampu mengatur waktu dengan sangat baik; 7.Sebagai ajang pembelajaran kerja yang sesungguhnya [2]. Dari tulisan di atas jelas bukan, bahwa berorganisasi itu dapat membuat kawula muda menjadi ganteng dan cantik 180 derajat.

Baiklah sudah cukup basa-basinya kembali membahas manis, asinnya dan hal-hal yang istimewa dalam berorganisasi. Sebagai gambaran gw akan mengisahkan tentang gw dan organisasi UICCI. Sebenarnya hubungan gw dengan UICCI ini adalah gw baru sebagai murid di UICCI cabang Rawamangun. Layaknya sebuah organisasi pada umumnya jika ingin mengadakan suatu kegiatan pasti akan membentuk kepanitiaan. Dalam kegiatan yang sifatnya event besar dalam UICCI ini gw pasti akan turut aktif membantu, seperti kepanitiaan Idul Adha, penerimaan santri baru, acara wisuda, dan rihlah.

Setiap kali gw ikut membatu dalam kepanitiaan UICCI pasti akan banyak pengalaman dan cerita yang gw dapatkan. Mulai dari rapat-rapatnya, persiapan, brefing dan pelaksanaan kegiatannya. Dan di setiap kegiatan yang diadakan pasti akan menumbuhkan benih-benih kebersamaan. Ukuwah persahabatan dan kebersamaan akan terus berkembang. Dan yang paling maknyusnya lagi bahwa gw bersama murid-murid lainnya yang tergabung dalam organisasi UICCI ini tinggal dalam satu atap, satu bangunan. Lanjut bagian maknyus kedua yaitu, organisasi ini sudah ada hampir di seluruh negara. Mulai dari benua Asia, Australia, Eropa, dan Amerika. Tidak percaya buktikan saja sendiri.

Dengan tinggal satu atap seperti ini kebersamaan selalu ada, kami selalu belajar bersama, makan bersama, tidur bersama, dll. Di sinilah gw mendapatkan,  dan menemukan nilai-nilai bhineka tunggal ika, toleransi, dan demokrasi. Dan gw akan terus mencari nilai kebaikan lainnya.

Untuk menggambarkan kebahagiaan gw bersama organisasi UICCI, gw akan memberikan penampakan kegiatan tarupdate. Berikut ini adalah beberapa penampakannya, semoga kawula muda bisa merasakan apa yang gw rasakan.

Gambar 1: Kegiatan Sebelum main futsal

Gambar 2: Kegiatan setelah main futsal

Gambar3 : Rihlah pantai sawarna Banten

Gambar 4: Rihlah asrama puncak Bogor

Gambar 5: Rihlah curug Cilmber Bogor

Gambar 6: Kegiatan Idul Adha

Gambar 7: Kegiatan pembagian daging Idul Adha (Foto spesial dari fotografer handal : Indra Septiawan)
Sepertinya sudah cukup panjang nih. Udah dulu deh... hehehehe... Intinya setiap dan semua organisasi yang kawula  muda ikuti, pasti akan memberikan warna dalam hidup kalian, dan akan membentuk kalian menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mengisi tinta perjalanan kalian untuk kalian ceritakan kepada kerabat, anak, dan cucu kalian kelak. *apaan sih...
Oh iya... ada satu lagi nih. Sebuah wadah yang tidak kalah kecenya dengan UICCI di atas. Meskipun sifatnya hanya sebuah komunitas, tapi pasti namanya akan menjadi besar. Kombun itulah namanya, sebuah wadah yang akan menjadikan gw pribadi blogger  yang berkarakter, bermanfaat dan menginspirasi. Sekian.... Terimakasih...... :P


[1] http://asa-2009.blogspot.com/2013/08/pengertian-tujuan-dan-manfaat-organisasi.html
[2] Ibid.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts