Minggu, 16 Februari 2014

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan berasal dari dua suku kata psikologi dan pendidikan. Secara harfiah kata psikologi berarti ilmu jiwa. Psikologi berasal dari 2 kata Yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Meski secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa, namun yang dibahas di dalamnya bukanlah tentang jiwa. Ilmu jiwa atau jiwa merupakan sesuatu yang sulit untuk diteliti, karena jiwa adalah sesuatu yang bersifat abstrak atau tidak konkret.

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan. Dan salah satu syarat dari ilmu pengetahuan adalah memiliki objek. Sehingga yang mungkin dikaji adalah manifestasi dari jiwa yang berwujud fisik berupa perilaku individu -jiwa dan raga- dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Perilaku individu merupakan suatu objek yang bisa diteliti, dan merupakan manifestasi yang diwujudkan dalam bentuk fisik dari jiwa.

Selanjutnya Whiterington (1982:10), mendefinisikan pendidikan adalah sebagai proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar. Tindakan belajar tersebut sifatnya belajar secara terus menerus sepanjang hayat sehingga menghasilkan peningkatan dari perilaku individu.

Belajar itu bagaikan sebuah pohon besar yang menghasilkan manfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain. Sebuah pohon akan terus tumbuh sedikit – demi sedikit dari waktu ke waktu meskipun dirinya telah ditebang oleh manusia. Dia –pohon- telah melakukan tindakan belajar, dia akan terus tumbuh menjadi besar sehingga kelak nanti akan bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Kunci belajar atau menimba ilmu harus konstan dan berkelanjutan -rutin- hingga hayat nanti. Karena semangat untuk belajar adalah semangat untuk tumbuh terus tanpa henti.

Dalam kata psikologi pendidikan terdapat kata pendidikan maka fokusnya adalah proses belajar mengajar. Psikologi pendidikan adalah studi sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan –proses belajar mengajar-. 15/02/14

2 komentar:

Popular Posts