Kamis, 19 Juni 2014

Mengaktifkan Automatic Scan Flasdisk Pada AVG

Antarmuka Software AntiVirus AVG
Dalam dunia komputer istilah antivirus sudah tidak asing lagi. Bahkan kebutuhan akan antivirus sudah menjadi hal yang perlu ada di beberapa sistem komputer. Dari namanya saja sudah jelas bahwa antivirus ini adalah penangkal virus. Antivirus adalah software atau perangakat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Dalam istilah lain antivirus dikenal juga dengan sebutan Virus Protection Software. Software antivirus ini dapat memberi tahu dan menentukan kondisi sebuah sistem komputer, apakah terinfeksi virus atau tidak. 


Salah satu perusahaan pengembang dan pembuat antivirus adalah perusahaan raksasa bernama AVG Technologies, sebelumnya perusahaan ini bernama Grisoft. Perusahaan inilah yang membuat dan mengembangkan antivirus yang bernama AVG Anti-Virus. Sejak munculnya versi ke-10, software AVG Anti-Virus ini mulai memberikan kode name pada programnya berdasarkan tahun rilisnya. Misalnya untuk versi 10 AVG Anti-Vrus bernama AVG Anti-Virus 2011. AVG Anti-Virus selalu mengembangkan programnya secara intents, bahkan AVG Anti-Virus disinyalir sebagai sistem proteksi yang lengkap dan canggih karena sudah memiliki fitur-fitur yang lengkap dalam keamanan.

Salah satunya adalah fitur automatic scan. Fitur automatic scan removable / usb sebenarnya sudah ada di dalam AVG AntiVirus, namun tidak otomatis aktif. Artinya kita harus melakukan pengaturan dahulu pada AVG Antivirus ini. Mungkin AVG AntiVirus sengaja tuk tidak langsung mengaktikan fitur ini karena umumnya fitur automatic scan ini akan menambah proses kerja komputer. 

Fitur automatic scan ini maksudnya adalah ketika kalian memasang atau menantapkan usb atau flasdisk ke sistem komputer yang sedang menyala, maka secara otomatis AVG AntiVirus akan melakukan scanning pada flasdisk yang terpasang pada komputer tersebut. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur automatic scan removable / usb pada AVG AntiVirus. Tak perlu berlama-lama lagi. Berikut ini caranya.. :

Buka program AVG AntiVirus. pada kasus ini saya menggunakan AVG AntiVirus Free 2014, berikut penampakannnya.

Antarmuka AVG AntiVirus Free 2014





Setelah itu klik menu Options di pojok kanan atas lalu pilih menu Advance Setting..
Menu Options

Maka nanti akan muncul jendela atau antar muka menu Advance Setting. Pada bagian kiri pilih tab atau menu Scans, lalu pilih Removable Device Scan. Setelah itu pada bagian kanan centang pilihan Enable removable device scan kemudian klik Apply dan Ok.
Antarmuka menu Advance Setting


Jika sudah mengikuti tahapan di atas, maka fitur automatic scan removable pada AVG AntiVirus sudah aktif. Untuk mencobanya silahkan anda colokkan kembali usb anda ke dalam port usb komputer maka nnti akan ada notifikasi dari AVG AntiVirus di sudut bagian kiri layar.

Nah.. Demikian sedikit tutor yang bisa saya bagian pada postingan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi khalayak ramai.. ZzzzzZZzz....

Terimakasih...

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_antivirus
http://id.wikipedia.org/wiki/AVG_Anti-Virus

1 komentar:

Popular Posts