Senin, 10 Januari 2011

Belajar Install Driver VGA Ge-Force 5500 diUbuntu

Additional Driver diUbuntu
Additional Driv
Assalamu'alaikum.. Pada postingan ini daku akan membahas cara install Driver NVIDIA Ge-Force 5500 FX diubuntu.
Di Ubuntu, ada beberapa hardware yang harus diaktifkan karena driver yang menyertainya bukan open source seperti Nvidia/ATI, dll
itu kutipan yang pernah daku baca. Namun sebelumnya daku mohon maaf jika ada kesalahan karena daku pun masih dalam tahap belajar. Ok daku lanjutkan, untuk install driver :
  • pertama komputer/laptop dikau harus sudah terkoneksi oleh internet, namun jika belum memiliki koneksi internet dikau bisa berkunjung di website cara install driver nvidia ini.
  • Jika komputer dikau sudah terkoneksi internet selanjutnya buka aplikasi "additional driver"
    Membuka Additional Driver



  • Setelah terbuka additional drivernya maka dikau pilih driver NVidia yang diRecomended. Lalu klik active, jika diminta masukan password, ketik password login dikau. Tunggu hingga proses download dan install selesai.
  •  Jika telah selesai, selanjutnya dikau edit file "xorg.conf", tapi sebelum diedit ada baiknya untuk dibackup dahulu. caranya ketik diterminal
    sudo cp /etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.bak
  • Jika ada tulisan No such... coba ketik "sudo dpkg-reconfigure xserver-xorg" lalu backup kembali dengan cara sebelumnya, setelah xorg.conf sudah dibackup barulah dikau bisa mengedit xorg.conf.
  • untuk mengedit ketik
    sudo nano /etc/X11/xorg.conf
  • ada alternatif lain, yaitu copy file xorg.conf ini. download filenya simpan di Home Folder. Lalu ketik
    sudo cp xorg.conf /etc/X11/xorg.conf
  • ketik sudo cat /etc/X11/xorg.conf untuk melihat perubahan pada isi filenya. jika sudah berubah sesuai dengan file xorg.conf yang download tadi, maka restart ubuntunya. dengan demikian Driver Nvidia Ge-Force sudah terinstall di Ubuntu.
Terima kasih. Demikian share postingan "Belajar Install Driver VGA Ge-Force 5500 diUbuntu" yang daku miliki. semoga bermanfaat. Wasalamu'alaikum.

referensi : http://ubuntuguide.org/

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts