Selasa, 03 Juli 2012

Belajar Install Web Server Local Di Ubuntu

Assalamu'alaikum... selamat datang kembali di Blog DaKu semoga dikau-dikau dalam keadaan sehat. Sehingga bisa membaca dan mempraktekkan apa yang akan daku berikan di postingan ini. Sesuai dengan judul kali ini daku akan membahas "Belajar Install Web Server Local Di Ubuntu".

Web server atau server web dalam hal ini ialah lebih merujuk pada piranti lunak  yang merupakan sebuah software dengan fungsi utamanya untuk mentransfer berkas berdasarkan permintaan pengguna atau  klien (browser web) melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan serta mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang berbentuk dokument HTML. Aduh.. duh.. bahasanya mungkin jadi cukup ribet ya.. tapi simplenya web server dalam hal piranti lunak menurut pandangan awal DaKu adalah sebuah software yang yang berperan sebagai penerjemahkan bahasa pemrograman web yang bersifat dinamis seperti PHP, ASP, dll sehingga diterima oleh pengguna dalam bentuk HTML. Dikarenakan web server ini local tentu saja sifat web server ini hanya bersifat local artinya hanya dapat diakses untuk komputer pribadi kita tanpa harus terhubung jaringan internet.

Web server itu sebenarnya memiliki banyak macamnya diantaranya yaitu : Apache/Apache Tomcat, Microsoft windows server 2003 Internet Information Service (IIS), Lighttpd, Sun java system web server, Xitami web server, Zeus web server. (Hufh... banyak bgt si celotehannya... Argh....) hehehehe... sabar dulu ya masih ada sedikit lagi ni yang mau DaKu sampaikan... 

Web server local yang di install oleh DaKu adalah yang Apache dan ini dengan cara paket. (Hah.. paket..? paket hemat..) Ya.. Paket artinya nanti kita tidak hanya menginstall server apachenhya saja tetapi sudah include di dalamnya yaitu server Apache, Dbms Mysql (databasenya), PHP. Jadi web server local ini mampu dan memang untuk menerjemahkan bahasa pemrograman web PHP nantinya. Nama paket softwarenya ini adalah XAMPP, namun jika di distro-distro berbasis linux dikenal dengan nama LAMPP.

Ok dech... kalu beghithu.. langsang saja ke tahap langkah-langkahnya :

Install XAMPP

  • Sebelum menginstall  tentu saja kita harus memiliki installernya, yang bisa di dapatkan pada website resminya yaitu : http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html atau ke gudangnya di http://sourceforge.net/projects/xampp/files/XAMPP%20Linux/ di gudangnya itu terdapat beberapa versi XAMPP yang terdahulu sehingga anda bisa memilah dan memilihnya. Kalau DaKu menggunakan versi 1.7.4.
  • Setelah selesai download, selanjutnya buka terminal lalu masuk kedalam direktori tempat anda menyimpan file XAMPP. contoh karena saya menyimpannya di direktori/folder Downloads yang terletak di Home maka perintah diteminalnya cd Downloads (besar dan kecil jenis tulisan harus sama tulisan downloads != Downloads) lalu enter.
  • Extract arsip XAMPPnya ke direktori /opt. Caranya sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.4.tar.gz -C /opt lalu enter maka proses install XAMPP akan berjalan.
  • proses install

Memulai XAMPP tes http://localhost/

  • Sebelum memulai tes http://localhost/ yang harus diperhatikan adalah merunning paket XAMPP. Caranya buka terminal lalu ketik perintah sudo /opt/lampp/lampp start 
  • lampp start
  • Jika sudah saatnya dikau untuk mengujinya. Buka browser dan ketikan alamat http://localhost/
  • Dan untuk menghentikan proses berjalanya XAMPP gunakan perintah sudo /opt/lampp/lampp stop yang diketik pada terminal
  • Dan untuk mengetahui beberapa perintah lagi cobalah ketik sudo /opt/lampp/lampp
Menyimpan file pada htdocs
Ups... meskipun sudah berhasil proses install XAMPP pada ubuntu, ada satu hal lagi yang perlu diperkatikan. Yaitu ada sebuah kendala ketika saat kita menyimpan file-file latihan kita. Biasanya pada OS Windows untuk menyimpan file-file latihan kita pada XAMPP biasanya terletak di alamat direktori c:\\XAMPP\htdocs dan itu kita tinggal langsung save saja.

Namun berbeda halnya jika menyimpan file-file latihan kita pada distro Ubuntu yang sudah terinstall XAMPP. Memang directori htdocs terletak di /opt/lampp/htdocs tetapi kita tidak sekonyong-konyong bisa langgung menyimpan file, copy, paste, and delete file atau folder pada direktori tersebut karena ada batasan hak akses pada direktori /opt yang berada di bawah naungan direktori /root. Solusinya adalah ada yang mengubah hak aksesnya dan ada juga yang membuat semacam jalan pintas untuk menyimpan file ke dalam htdocs XAMPP.

Namun DaKu kali ini memilih pilihan kedua yaitu membuat semacam jalan pintas untuk htdocs XAMPP. Berikut ini caranya :
  • Buka terminal pastikan dikau berada pada direktori Home caranya ketik cd ~
  • Lalu buat sebuah folder lewar perintah terminal dengan nama bebas. contoh nama yang DaKu buat public_html. Maka perintahnya mkdir ~/public_html lalu enter.
  • Buat link ke direktori /opt/lampp/htdocs caranya ketik perintah terminal berikut sudo ln -s ~/public_html /opt/lampp/htdocs/$USER perhatikan kata user tersebut, ubah kata user itu menjadi nama user dikau di Ubuntu. contoh sudo ln -s ~/public_html /opt/lampp/htdocs/$darmazzam
  • Selesai dech... maka ketika dikau ingin menyimpan file-file latihan cukup menyimpanya kedalam folder public_html yang beralamat di /home/public_html
    Dan untuk mengujinya buka alamat pada browser sebagai berikut, contoh http://localhost/darmazzam/ (darmazzam -> sesuaikan dengan $USER yang dikau buat)
OK... Demikian tutorial yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.  Salam semangat belajar.

terimakasih Wasallamu'alaikum..

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts