Rabu, 08 Agustus 2012

Kenali Flu Burung Dan Penyebabnya

Flu burung merupakan suatu penyakit influenza menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menyerang makhluk hidup spesies unggas. Namun kini flu burung tenyata tidak hanya mampu menyerang unggas-unggas akan tetapi juga bisa menyerang spesies lainnya tidak terkecuali manusia dan juga flu burung adalah penyakit yang sangat mematikan. Hal tersebutlah yang membuat penyakit flu burung menjadi suatu membuming dan menggemparkan manusia. Bukti bahwa manusia dapat terkena penyakit flu burung adalah penyataan dari Departemen Kesehatan Indonesia yang telah mengidentifikasi adanya infeksi flu burung pada seorang penderita di Tanggerang, peristiwa tersebut diperkuat oleh pemeriksaan laboratorium resmi WHO di Hongkong pada tahun  2004.
Khusus di Indonesia sendiri flu burung mulai terkenal sekitar tahun 2003 bulan Desember, dan sudah memakan korban manusia pada tahun 2004 di Indonesia. Namun tahukan bahwa wabah flu burung ini sudah ditemukan sejak tahun 1980-an oleh para peneliti akan tetapi publikasi tentang flu burung ini masih terbatas dan kurang menarik perhatian publik. Saat itu flu burung hanya menyererang spesies aves atau unggas.
            Adapun nama lain dari flu burung adalah Avian Influenza. Sebagaimana yang sudah dipaparkan di atas bahwa penyakit flu burung ini merupakan suatu penyakit sejenis influenza yang disebabkan oleh virus. Lebih detailnya flu burung ini terkandung virus influenza tipe A dengan kode genetik H5N1. Virus influenza tipe A adalah jenis virus influenza yang paling berbahaya dibandingkan dengan  tipe B ataupun tipe C. Karena daya infeksi virus ini terhadap manusia dan hewan lebih ganas. Virus influenza tipe A mempuyai karakteristik dan sifat  yang hampir sama dengan virus influenza yang lainnya. Diantaranya yaitu, virus ini mampu hidup di air dengan suhu 220C selama kurun waktu 4 hari dan dapat hidup lebih dari 30 hari pada lingkungan bersuhu 00C. Virus ini juga dapat hidup dalam tubuh manusia dan tinja unggas selama beberapa hari, namun virus ini dapat dimatikan dengan pemanasan selama 30 menit dengan suhu 600C.
            Lalu apa yang menyebabkan berkembangnya wabah penyakit flu burung ini.? Dari sember yang didapat mengatakan bahwa penyebaran wabah flu burung yang berkembang disebabkan oleh unggas-unggas liar yang terinfeksi penyakit flu burung yang terbang mengudara dilangit. Selain itu juga karena faktor kontak langsung peternak unggas oleh unggas yang mengalami penyakit flu burung, hal yang satu ini mesti diperkatikan jangan sampai kelalaian berujung dengan maut. Virus ini dapat menginfeksi manusia yang berkontak langsung dengan unggas yang terinfeksi flu burung. Manusia yanga memiliki resiko tinggi tertular adalah anak-anak, kerena memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, pekerja perternakan unggas, penjual dan penjamah unggas, serta pemilik unggas peliharaan rumahan.
            Masa inkubasi virus adalah 1-7 hari dimana setelah itu muncul gejala-gejala seseorang terkena flu burung adalah dengan menunjukkan ciri-ciri berikut :
  1. Menderita ISPA
  2. Timbulnya demam tinggi (> 38 derajat Celcius)
  3. Sakit tenggorokan yang tiba-tiba
  4. Batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot
  5. Sakit kepala
  6. Lemas mendadak
  7. Timbulnya radang paru-paru (pneumonia) yang bila tidak mendapatkan penanganan tepat dapat menyebabkan kematian
Mengingat gejala Flu burung mirip dengan flu biasa, maka tidak ada yang bisa membedakan flu burung dan flu biasa. Jika ada penderita yang batuk, pilek dan demam yang tidak kunjung turun, maka disarankan untuk segera mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat. Akhir kata solusi pencegahan agar tidak terkena flu burung adalah pemberian vaksi secara rutin setiap seminggu satu kali atau sebulan satu atau dua kali, dan hindari kontak langsung dengan unggas. Gunakan masker dan sarung tangan jika ingin melakukan perawaran pada unggas-unggas. Setelah selesai buang dan ganti baru sarung yang dan masker, lalu cuci baju dan terakhir mandi yang bersih.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts