Kamis, 14 Juni 2012

3 Bulanan (Rajab, Sya'ban, Ramadhan)

Rajab, Sya'ban, dan Ramadhan adalah nama-nama bulan pada tahun Hijriah. Di Asrama tempat saya tinggal kami biasa menyebutnya dengan tiga bulanan. Tiga bulanan ini bukan maksud arti kelahiran seseorang, tapi maksudnya karena bulan-bulan yang mulia ini sudah mulai tiba, Rajab, Sya'ban dan Ramadhan.

Seperti pada gambar disamping (yang saya dapat dari blog orang lain gambarnya hehhee) terdapat do'a yang Rasulullah bacakan ketika memasuki bulan Rajab yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dan Baihaqi, “Allahumma baariklanaa fi rajaba wa sya’bana wa balighna ramadhan” yang terjemahnya, “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.”

Tidak terasa bahwa tahun ini saya sudah akan memasuki lagi bulan Ramadhan 1433. Tentu saya sebelum memasuki bulan  Ramadhan yang penuh berkah ada 2 bulan sebelumnya yang dimana kita harus segera bersiap menyambut bulan Ramadhan dengan memperbanyak beribadah kepada Allah SWT, agar nanti ketika Ramadhan tiba kita sudah terbiasa dengan beribadah penuh dengan semangat.

Tak begitu banyak reperensi yang saya peroleh, karena saya masih belajar, saya hanya mengingat-ingat hasil ceramah yang pernah saya terima. Bahwa dikatakan bulan Rajab adalah bulan Allah SWT jadi kita harus perbanyak beribadah kepada Allah. Dianjurkan pada bulan Rajab ini kita mambaca 7 Al-fatihah dan perbanyak membaca Al-ikhlas setidaknya mecapai 100x dan diakhiri dengan 7 Al-fatihah. Lalu pada bulan Sya'ban dikatakan sebagai bulan untuk Rasulullah SAW maka dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada Rasul. Dan terakhir bulan Ramadhan  dikatakan sebagai bulan untuk para umat Rasulullah SAW bulan pengampunan bagi semua umat Rasul.

Sungguh Maha Besar Allah kepada mahkluk-Nya, tiada bulan yang Ia ciptakan melainkan penuh dengan banyak hikmah yang bisa dipetik. Mari bersemangat untuk menyambut bulan Ramadhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts